Thursday, December 06, 2007
Mata Baru
Seperti tulisan saya sebelumnya(goodbye K then welcome C), ada keinginan sederhana saya, yakni ingin memiliki lensa makro, dimana saya dapat mengabadikan obyek yang kecil menjadi lebih besar terlihat di gambar.

Banyak racun'ers yang memberikan info atau suggest ke saya tentang lensa yang paling baik hingga baik, artinya juga semua itu bernading lurus dengan kocek yang harus dikeluarkan... wahhhhh, bagian ini yang berat hehehehe... saya sih inginnya yang mur-mer-tap-has-bag (baca: murah meriah tapi hasilnya bagus... halaaahhhh jeritan dari yang tidak mampu ini sih hihihihi). Setiap hari pasti tidak melewati untuk baca review lensa dan forum, saya ingin membandingkan antara dua lensa yang masuk kedalam katagori (dompet) saya.... ya antara lensa Tamron dan Sigma. Sahabat baik saya di Surabaya menyarankan untuk membeli lensa Sigma / 70-300mm f/4-5.6 APO Macro Super, harga tidak mahal dan saya melihat di banyak review juga hasilnya cukup baik.

Nah, akhirnya *yippyyyyy! hip hip huraaayyyyy mode on* lensa tersebut ada ditangan saya beberapa minggu lalu. Aduuhhhh, setiap hari hanya coba-coba dikantor dan dikamar.. soale belum ada waktu yang pas untuk hunting. Kupu! ya kupu-kupu yang ingin saya foto kali itu... harus bisa dan harus bisa.... ternyata memang, hingga saat inipun saya harus terus beradaptasi dengan "si mata baru" ini...

Pertama kali menggunakan mata ini waktu saya ikut hunting model di salah satu Vihara di daerah Pluit, Jakarta Utara. Agak grogi dan gak pede memang, saya masih harus adjust dengan lensa ini. Asik juga, dengan lensa ini saya gak perlu maju mendekati obyek foto, hanya saja kelemahannya saya sulit sekali mendapatkan komposisi utuh... mundurnya harus jauh.. heheheh ya, memang bukan peruntukannya sih hikssss

Nah, keinginan motret kupu-kupu tetap menjadi impian, sayang sekali, saya kok jarang melihat kupu-kupu disekitar rumah atau kantor... soooo, akhirnya saya coba mendatangi TMII, musium serangga dimana didalamnya juga ada penangkaran kupu-kupu. Datang tepat tengah hari bolong... di kubah yang lumayan besar itu saya melihat kupu-kupu terbang kesana kemari.. nahhhh, aku datang bisik saya.. heheheh Namun, kupu disan tidak narsis, pecicilan gak karuan.... menclok sana, menclok sini arrgggghhhh akhirnya banyak foto yang saya tembak hanya berupa daun atau bunga tanpa si kupunya, karena si kupu sudah pergi terbang menjauh... hmmmm sedih gak sih??? ya kesabaran yang harus diasah lagi... :D

Dirumah saya lebih frustrasi lagi, karena ternyata setelah di download ke komputer foto semakin hancur.. hwaaaaaaa *sedih.com*

Teman saya tahu persis apa yang saya inginkan, akhirnya beliau bersedia mengantarkan saya ke penangkaran kupu-kupu di Cilember di sekitaran Curug Tujuh, Cisarua Puncak. Ahhhh thank you so much ya Mas.... :) akhirnya, besoknya di hari minggu kami pergi ketempat yang dulupun pernah say kunjungi juga.

Kubah penangkaran yang dijaga oleh seorang petugas wanita saat itu, akhirnya kami terlibat pembicaraan mengenai kupu.. habitnya, pakannya dan proses metamorfosis. Ibu ini sangat tekun dan semangat sekali memberikan informasi, tidak hanya untuk saya tapi saya perhatikan beliau memberikan informasi kepada setiap pengunjung yang datang. Diperlihatkan pula, jenis ulat yang akan menjadi kepompong dengan menaruh ulat itu ditangannya, sehingga respon pengunjung ada yang menjerit dan ada pula yang ikut memegang... *saya termasuk kelompok pertama ya... hehehehe*. Disela motret kesana kemari, Ibu ini menceritakan betapa keinginannya untuk mengembangkan dan membudidayakan kupu-kupu jenis yang lainnya. Hanya sayang sekali, menurutnya literatur kupu sangatlah terbatas. Ada pula pengusaha kupu atau serangga lainnya (exporter) ke berbagai belahan negara, terutama Jepang, yang tidak memungkinkan untuk membagi ilmu untuk umum.. sayang sekali ya...

Cita-cita saya, saya hanya ingin memberikan Ibu itu *maaf saya lupa dengan namanya, saking excitingnya motret kupu hiksss* beberapa literatur tentang kupu-kupu agar dia masih tetap punya keinginan dan semangat untuk melestarikan satwa, khususnya kupu... ada ide para blogger????

Nah, ini sebagian dari hasil tembakan bunga, kupu dan satu foto model dengan menggunakan mata baru saya.. semoga dapat dinikmati....


 
posted by Giel at 8:49 PM | Permalink |


0 Comments: