Monday, September 04, 2006
Sakit leher....
Ampun.... sakit banget, setelah lebih dari empat hari saya mengalami sakit di sekitar leher dan pundak sebelah kiri dan eh... si sakit makin senang dengan berjalan-jalan ke sebelah kanan... Awalnya saya tidak bisa melihat ke arah kiri dengan cepat... eh sekarang bertambah nggak bisa melihat ke arah kanan.. hwaaaaaa bisa sih, tapi harus menahan sakit terlebih dahulu... rasanya saya kayak pakai kacamata kuda deh.. melihat lurus kearah depan... nggak bisa piercing dengan bebas.. wakakakkkk...

Awalnya saya pikir saya masuk angin... 'masih untung deh daripada masuk got' sudah terasa sakit di pundak kiri, betul saja setelah dikerok warna merah begitu nyata jelas terlihat di pundak, namun itupun gak terlalu banyak membantu, sakit masih tetap saja terasa. Besoknya saya tempelkan salonpas koyo cap cabe, 2 sekaligus, percaya enggak.. saya nggak terlalu merasakan panasnya... weleh... Hari minggu kemarin saya pergi ke tukang pijet, kali aja alternatif terakhir ini bisa membantu... tapi tetap saja saya merasakan sakit yang sama dengan hari kemarin..

Salah bantal!!! itu yang semua orang katakan tentang rasa sakit saya sekarang.. bahasa inggrisnya apa ya? 'wrong pillow'... heheheheh.. kalau nggak ketinggian atau terlalu tipis atau juga bantalnya sudah lama nggak dijemur... klasik deh! Gimana mau jemur di depan rumah tanah lapang tempat bermain sekarang sudah menjadi lautan debu yang amit-amit deh bikin sesak! apalagi kalau tertiup angin... fiuh!

Ada yang bilang juga bahwa ini dampak dari stres, sehingga tidak bisa tidur dengan nyenayk atau karena ada pertarikan atau pergerakan otot yang sangat keras... untuk yang stres ini, mungkin juga iya... kalau ada pergerakan kuat kayaknya nggak juga tuh.. Yang lebih mencengangkan saya adalah hal ini diakibatkan oleh dampak radiasi komputer! nah Lho!!! ini nih kutipannya;

Sabtu, 20 Maret 2004 - 20:18:36
SAKIT LEHER AKIBAT RADIASI KOMPUTER
Acapkali kita mendengar keluhan para pekerja yang menderita sakit kepala saat bekerja di depan komputer. Berdasarkan penelitian gejala ini dipicu oleh posisi tubuh statis jangka yang lama. Keluhan ini merupakan gejala awal Repetitive Strain Injury (RSI). Ini bukan gejala penyakit tetapi berupa kumpulan ketidaknyamanan terutama pada leher. Diakibatkan oleh posisi duduk yang lama dan menetap, gerakan yang berulang-ulang pada satu bagian anggota tubuh dan terkonsentrasi pada satu arah.

Tubuh telah di disain sedemikian rupa untuk melakukan pergerakan. Sistem syaraf yang disediakan dalam otot mengantarkan informasi berkesinambungan untuk melakukan peregangan (stretching), sekaligus mengontrol pergerakan tendon dan ligamen. Pergerakan ini akan mengakibatkan aliran darah dan getah bening yang konstan, sehingga aktivitas otot akan lebih lama. Posisi yang statis pada waktu relatif lama mengakibatkan terganggunya aliran darah dan kelenjar getah bening, sehingga otot menjadi tegang dan kaku.

Bagaimana gerakan tulang menggangu kondisi kesehatan? Pergerakan otot memerlukan proses biokimiawi dalam tubuh yang mengubah bentuk energi kimia ke energi mekanik dengan cara mengubah unsur glikogen dalam otot. Jika otot digunakan dalam waktu yang lama perubahan glikogen menajdi energi memerlukan metabolisme aerobik dalam tubuh, yaitu dibutuhkan oksigen untuk memecah glikogen menjadi CO2 dan air.

Jika intensitas penggunaan otot berlebihan, otot akan mencari jalan pintas dengan menarik energi dari pemecahan glukosa menjadi 2 atom asam lakat tanpa memerlukan oksigen. Kalau hal ini berlangsung terus menerus, maka akan terjadi penumpukan asam laktat, yang muncul sebagai rasa kaku dan tegang pada otot.

Cara mengatasi RSI, dengan pemijatan langsung pada otot dan serabut saraf yang mengalami ketegangan. Atau sebelum mulai bekerja lakukan olah raga ringan dan diulang setiap 30 menit selama melakukan pekerjaan. (PI)

Ada artikel lain yang mencoba untuk menguraikan bagaimana mencegah agar sakit leher ini tidak terjadi, seperti dibawah ini:

Berikut ini langkah pencegahan dan penanggulangan yang diperlukan:
§ Ubahlah posisi secara berkala apabila Anda harus duduk, berdiri atau membungkuk terlalu lama. Bangun dan lakukan gerakan seperti memutar leher pelan-pelan atau membungkuk ke depan dan ke belakang.
§ Apabila harus berdiri lama, naikkan satu kaki pada bangku rendah.
§ Biasakan selalu dalam posisi tubuh yang baik.
§ Pastikan bahwa tinggi meja untuk bekerja (meja kerja atau dapur) nyaman dan sesuai keadaan Anda.
§ Pilihlah kursi dengan sandaran punggung yang baik.
§ Istirahatlah dengan berbaring untuk menyembuhkan otot yang cedera. Gunakan kasur yang keras untuk menopang punggung.
§ Usahakan untuk tidak tidur dalam posisi telungkup.
§ Bila mengangkat barang dengan posisi jongkok, usahakan agar punggung selalu dalam keadaan lurus.
§ Hangatkan bagian yanng sakit selama 15 menit sebanyak satu atau dua kali sehari dengan menempelkan handuk hangat, botol berisi air panas, atau sinar infra merah.
§ Pijat bagian yang sakit secara perlahan-lahan dengan mengoleskan krem, salep, atau balsem pereda sakit atau radang.
§ Minumlah obat pereda sakit yang terdaftar di Depkes atau POM.
§ Periksakan diri Anda ke dokter bila sakit tidak berkurang, nyeri terasa menjalar ke arah kaki, tidak bisa bangun setelah membungkuk atau air kencing berdarah, kotor dan berbau busuk.

Rasanya saya lebih baik pergi ke dokter hari ini, sebelum sakitnya mengganggu aktifitas saya sehari-hari... tapi problemnya... saya takut di suntik.... :((
 
posted by Giel at 10:58 AM | Permalink |


3 Comments:


  • At 2:14 AM, September 05, 2006, Blogger ema

    Innalillahi wainnalillahi ojiun!:( maya alloh Lia, aku merinding bacanya!nggak nyangka belom lama kami saling contact via blog,sakit apa sih?masih muda ya alloh!! walopun belom kenal ama inong,tapi sering baca blognya & saling chat, aku merasa keilangan juga.pls dong kasih tau kenapa meninggalnya:( eh ya salam kenal juga ya?

     
  • At 2:56 AM, September 05, 2006, Blogger ema

    ayo..cepetan ke dokter..masa kalah ama elora!!takut disuntik..hihihi

     
  • At 4:29 AM, June 24, 2009, Blogger Shahkasahias

    aduh.. hi salam perkenalan dari malaysia..
    sebenarnya saya google di internet berkaitan dengan sakit leher.. then terjumpa blog saudara..sedikit sebanyak mendapat sedikit ilmu.. moga saya cepat sembuh kali ini..

    aduh sakit betul leher nih.. dah 3 hari dah.. itu lah ingat nak jumpa doktor.. takut disuntik pulak..hehehe