Saturday, November 29, 2008
Memburumu di Taman Safari Indonesia…
Eits, bentar…. jangan marah dulu.. maksudnya bukan para blogger kok.. tapi hewan-hewan yang ada di Taman Safari Indonesia (TSI) yang terletak di sekitar Puncak, tepatnya di Desa Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat.


Rasanya saya mengunjungi taman ini sudah sangat lama. Disekitaran tahun 1986an lah, dan bersyukur rasanya saat Guru Foto saya, Om Budhi Ipoeng, mengajak hunting bersama di lokasi tersebut. Aiihhhh sukanya.


Berangkat di pagi buta, karena meeting point kami ada di lokasi tersebut. Masih terbayang juga bagaimana liku-liku jalan di area itu, dan ternyata tidak banyak yang berubah, hanya saja yang pasti binatangnya sekarang sudah sangat beragam dan banyak lokasi yang sudah dibangun secara terintegrasi disana.


Akhirnya kami bertemu, teman-teman motret dari sekolahnya Om Ipoeng, yang sempet berkali-kali juga kami bertemu, ada Mia Intan, Om Iwan, Ebert, Ilunk, dewi dan masih banyak yang laiinya, hanya lebih tiga puluh menit dari jadwal yang ditentukan yaitu pukul delapan, dikarenakan ada masalah di salah satu kendaraan yang ikut serta dalam rombongan. Walhasil mobil yang tersisa dipadati oleh penumpang mobil yang bermasalah dan rombongan saya dan teman saya. Mobil kami yang dikendarai oleh Om Ipoeng terasa sesak, jok tengah akhirnya kami lipat agar pergantian motret memotret menjadi lebih mudah pergerakannya. Terbayang kami di belakang berjumlah tujuh orang siap dengan kamera masing-masing dan kaca yang terbuka hanya ada pada dua sisi saja. Seru dan penuh gelak tawa akhirnya…


Susahnya terasa sekali motret binatang yang berkeliaran dari dalam mobil. Antrean mobil yang berjalan amat sangat lambat, masing-masing kendaraan ingin menikmati polah binatang yang ada. Om Ipoeng senantiasa memberikan masukan kepada kami bagaimana metering yang benar ketika membidik subyek, tapi teteeeeuuuuppp banyak juga yang blur karena mobil sambil berjalan pelan heheheheh ‘gak ahli aja gillllllllll’


Beberapa bidikan saya sharing disini ya….



Yang lebih komplitnya ada disini temans……ya ada disini…


Nah, selain melihat binatang-binatang, ternyata di sana banyak sekali program pertunjukan, salah satunya Cowboy Show yang setiap harinya bisa kita lihat di setiap jam dua siang di hari biasa dan di setiap jam satu dan jam tiga siang di hari libur / minggunya.



Jujur, di pertunjukan yang nyaris dua jam itu sangat tidak terasa, karena kita sangat dimanjakan oleh aksi-aksi pemain, termasuk binatang-binatang yang dilibatkan di pertunjukan itu. Layaknya sirkus dan kabaret saja. Betapa tidak, api dan air, sangat nyata didepan mata. Argghhh rasanya teman-teman blogger harus lihat langsung (ehhh apa udah yak.. rasanya mungkin si agil yang ketinggalan jaman hiks hiks).


Tehnik foto sangat diuji disini, karena kecepatan dan instict untuk memijit shutter sangatlah menentukan. Bagaimana tidak, kuda yang berlari cepat depan hidung berseliweran.. bisa dibidik dengan tehnik paning, pemian yang berjatuhan dari lantai atas, atau yang terbang… mengasikan….


Beberapa shoot saya sharing disni….






Ndak tahan liat air terjun kecil yang ada disana, kami ramai-ramai membidik dengan tehnik low speed… salah satunya ini…. Bagian atas adalah refleksi perahu berwarna warni yang berjejer rapi di atas danau kecilnya….




sayang melewati hari dieskitaran puncak, saya dan teman saya memutuskan untuk ambil moment sunset di sekiataran ruing gunung, tidak jauh dari TSI. Namun awan kelabu yang kami dapatkan, secara musim hujan gitu loh… hehhehe tapi teuteuupppp semangat gil! Dan ini hasilnya biasan mentari jingga yang pergi pamit meninggalkan umatnya dibumi….


Selamat malam cinta.....

 
posted by Giel at 12:50 PM | Permalink |


1 Comments: